SUNNII-SALAFIYAH

Meluruskan Pemahaman terhadap Al-Quran dan As-Sunnah sesuai Pemahaman Ulama Salaf dan Ulama Muktabar

PERSAMAAN KHOWARIJ DAN WAHABI

Unknown - Minggu, 22 November 2015

Ada 2 Atsar shohabat yang akan saya tampilkan di sini, kita akan mengetahui di antara ciri-ciri khawarij yang ternyata ciri-ciri itu menempel lekat pada golongan wahabi yang mengaku ahlussunnah.
  1. Telah mengeluarkan Ibnu mardawaih dari mush’ab bin sa’d beliau berkata: seorang laki-laki dari khawarij memandang sa’d yakni sa’ad bin abi waqqash RA kemudian berkata: ini termasuk pimpinan orang kafir!! Lalu sa’ad bin abi waqqash menjawab: kamu berbohong justru aku yg memerangi pimpinan orang kafir, kemudian khowarij yang lainnya berkata: laki-laki ini termasuk orang-orang yangg merugi amalnya (merujuk kepada ayat dalam surat al-kahfi: 103), maka sa’ad bin abi waqqash berkata: kamu juga berbohong! Merekalah orang-orang yang kufur terhadap ayat-ayat tuhan mereka dan terhadap dan kufur terhadap perjumpaan dengan-Nya (surat al-kahfi 105). Atsar ini disebutkan dalam kitab fathul-barri (10/40).
  2. Telah meriwayatkan Imam thobroni dalam al-kabir dan al-awsath: Umaroh bin Qordh telah berangkat pada suatu peperangan kemudian menetap di tempat tersebut dalam waktu yang agak lama lalu beliau pulang dari sana, dalam perjalanan pulang ketika beliau sampai di sebuah tempat dekat dengan “Ahwaz” beliau mendengar suara adzan maka beliau berkata: demi Allah, aku belum pernah merasakan sholat berjama’ah dengan orng-orang muslim yang lain sejak 3 hari yangg lalu, akhirnya beliau bergegas menuju suara adzan yg terdengar di daerah tersebut, dan ingin sholat bersama ahli kampung, ternyata beliau bertemu dengan kaum azaaroqoh disitu (1 kelompok dari khowarij).
Maka orang khowarij berkata:
Apa yang menyebabkan engkau datang kesini wahai musuh Allah ?!!?
Maka Umaroh menjawab:
Bukankah kalian adalah saudaraku? (karena beliau mendengar adzan dari daerah situ)
Mereka tidak menjawab tapi berkata lagi:
Kamu saudaranya syaithon! kami pasti akan bunuh kamu!
Lalu Umaroh menjawab:
Apakah kalian tidak ridho terhadap perkara yang Rosulullah SAW saja ridho dengan nya?
Lalu mereka bertanya:
Perkara apa yang menyebabkan Rasulullah ridho dengan-mu?
Umaroh menjawab:
Aku datang kepada nabi saat masih kufur kemudian aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwasanya beliau adalah utusan Allah maka lepaskanlah saya.
Kemudian mereka menangkap Umaroh dan membunuhnya. Dalam kitab majma’uz Zawaid sanad perowinya shohih.

Keterangan:

Dari 2 atsar hadist yang kami nukil ada beberapa ciri-ciri khowarij dan itu mirip sekali dengan wahabi yang ngaku salaf dan ngaku ahlussunnah.
  1. Gampang memvonis kafir, syiah, bid’ah tanpa ada penelitian terlebih dahulu seperti yang disebutkan di dalam atsar di atas padahal mereka tau siapa sa’ad bin abi Waqqash . Tapi, tetap saja tudingan kafir langsung dilemparkan dengan seenaknya.
  2. Biasa memakai ayat yang ditujukan kepada orng kafir musyrik untuk menyerang umat muslim seperti kata: انت من الاخسرين اعمالا, surat al-kahfi ayat 103 yang mana ayat ini di tujukan kepada yahudi dan nashroni.
  3. Menganggap orang yang bukan golongan dia adalah musuh Allah, kafir, tidak faham tauhid, dll. (lihat atsar ke-2 pada kata” apa yang menyebabkan engkau datang kemari wahai musuh Allah).
  4. Tidak menerima dalil dari kelompok lain karena menurut mereka golongan merekalah yang paling benar (liat atsar kedua: walaupun Umaroh menjelaskan tentang persaudaraan di antara muslim, beliau mendengar adzan dari daerah itu, bahwa nabi ridho dengan syahadat beliau) tetap saja mereka tidak mau menerima dalil dan alasan Umaroh yang akhirnya beliau dibunuh oleh khawarij.
  5. Hukuman bagi yang tidak sesuai dengan golongan mereka adalah hukuman bunuh (mirip dengan kejadian yang di ceritakan dalam kitab tarikh najd).
  6. Mereka biasa mengambil dengan dzohirnya ayat tanpa melihat tafsir para ulama.
  7. Enggan untuk berhusnudzon dengan golongan selain mereka.
Inilah diantara ciri-ciri khawarij yang dapat disimpulkan dari 2 atsar di atas, sebenarnya masih banyak lagi ciri-ciri khawarij, namun belum sempat kami tampilkan di sini, dengan adanya kesimpulan ini kita berharap dapat dihindarkan dari sifat sifat khawarij . Aamiin, (santri.net).

Google+

Alhamdulillah, antum telah selesai membaca artikel yang berlabel al-Mauidzah/Salafi-Wahabi, Judul: PERSAMAAN KHOWARIJ DAN WAHABI
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

Berilah komentar antum dengan mengedepankan adab! Karena "Kebaikan ialah akhlak yang baik, dan kejahatan ialah sesuatu yang tercetus di dadamu dan engkau tidak suka bila orang lain mengetahuinya." (HR. Imam Muslim)

Berita/Info

Al-Mauidzah

Tauhid

Fiqh dan Usul Fiqh

Syiah

Salafi Wahabi

Subscribe to our Newsletter

*klik subscribe untuk berlangganan gratis via e-mail Feedburner

Contact our Support

Email us: sunnisalafiyah@gmail.com

Our Team Members